Kamis, 24 November 2016

Festival Danau Toba Ramaikan Tapanuli Utara

"Festival Danau Toba Ramaikan Tapanuli Utara Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang berjalan pada 9-12 September bakal menyuguhkan beragam acara bertopik seni budaya. Acara ini nanti dipusatkan di Muara, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Propinsi Sumatera Utara.

Sepanjang empat hari berturut-turut, anda bisa melihat rangkaian moment yg tidak lain untuk mengenalkan kekhasan dari budaya serta alam lokasi Danau Toba. Pada hari pertama, 9 September, bakal diadakan pawai kendaraan hias bertopik ulos, acara pembukaan oleh Menteri Pariwisata, tari kolosal serta tampilan artis ibukota Vicky Sianipar.

Di hari ke-2, 10 September, bakal ada pameran pariwisata, lari lintas alam Geopark Kaldera Toba, lomba renang rakyat, lomba solu parsada-sada, pardua-duaan serta seminar pariwisata. Setelah itu, lomba vocal grup, lomba food and fashion, atraksi seni budaya oleh Pemko Sibolga, serta atraksi seni budaya Pemkab Dairi.

Di hari ketiga, 11 September, diadakan lomba lukis untuk anak-anak, penentuan Ucok & Butet Geopark Kaldera Toba serta lomba gabungan nada. Disamping itu di hari paling akhir, 12 September, sebelumnya upacara penutupan bakal diselenggarakan atraksi monsak serta tortor tumba, penyerahan hadiah, penyerahan penghargaan Geopark Heroes dan atraksi penutup dari tuan tempat tinggal.

Th. ini FDT disiapkan untuk menyimpan 10 juta pengunjung sesudah akses penerbangan segera Jakarta-Silangit diresmikan, juga akses jalur darat diperbaiki. Anda bukan sekedar bakal disajikan indahnya Pulau Samosir namun juga destinasi-destinasi baru seperti Sipinsur serta Air Terjun Janji.

FDT sendiri adalah acara wisata tahunan yang sudah berjalan mulai sejak 2013. Festival ini dulu dinamakan Pesta Danau Toba yang sudah berjalan mulai sejak 1982. Pada awalnya Pesta Danau Toba adalah satu moment lokal yang diadakan sebagai bentuk rasa sukur orang-orang atas kehadiran Danau Toba. Danau ini memiliki peran utama untuk kehidupan Suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

(Sumber : Kementerian Pariwisata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar